Pesona Kolam Alami di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung





Gila!!! Ini pantai kok beda banget sama yang lain. Kesan pertama saya saat menginjakkan kaki disana auto excited  apalagi saat melihat jacuzzi atau kolam dari bebatuan alami. Satu lagi yang spesial, ini pantai tanpa pasir putih. Sejauh mata memandang disuguhi ceruk dan air berwarna hijau dan biru laut. Ini mah secuil surga di Pulau Jawa, keren banget. Yah tapi keindahan yang menakjubkan tak terlepas dari usaha untuk mencapainya. Perjalanan menuju parkiran pantai kedung tumpang akses jalannya belum rata dan banyak bebatuan terjal. Masih bisa diatasi kalau pakai kendaraan bermotor. Berani coba?

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah kesiapan fisik. Karena sebelum memasuki bibir pantai, terlebih dulu kita harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 2-3 kilometer. Bukan hanya itu saja, 2016 saat saya kesana juga belum ada tangga dan hanya berbekal tali tampar untuk pegangan yang dipakai saat perjalanan turun ataupun naik. Gila parah!

1. Sensasi Pantai Dari Ketinggian
Pernah melihat pantai dari ketinggian? Kalau belum, nggak usah dibayangin. Langsung aja cus ke Kedung Tumpang. Pantai ini dikelilingi oleh tebing dan karang. Kalian yang kesini untuk melihat sensasi pantai dari ketinggian harus rela manjat naik turun. Lelah pasti tapi nggak bakal nyesel kalau sudah melihat pantai dari view yang berbeda.



2. Berenang di Ceruk Pantai

Karang laut yang besar mampu menahan deburan ombak yang kencang. Membuat air laut terjebak dikarang yang tandus. Nah cekungan tersebutlah yang disebut sebagai jacuzzi, atau batu karang yang mengalami pengeroposan. Selanjutnya bisa dipakai untuk berenang. Terbilang aman karena kolamnya tidak terlalu dalam.
Penting untuk diingat, waktu yang tepat untuk berenang di Kedung Tumpang adalah sebelum pukul 10.00 pagi saat pantai sedang surut. Jangan berenang terlalu siang karena air laut akan mengalami pasang. Saat pasang sangat berbahaya jika berenang disana.


3. Spot Foto Terbaik
Tidak diragukan lagi, disetiap titik tempat semuanya cocok buat tempat foto. Bagi pecinta senja senji maupun sunrise juga dapat mengabadikan moment tersebut disini. Eits tapi saran mimin jangan sampai pulang terlalu sore. Karena keluar dari pantai juga butuh tenaga, jalan nanjak bos.









4. Lokasi Kedung Tumpang
Lama waktu tempuh dari pusat kota sekitar 1,5 jam jaraknya sekitar 40 kilometer, itupun kalau nggak sampai kesasar ya gaes. Soalnya saya sendiri pernah kesasar dan melewati kandang babi. Pengalaman banget sih. Untuk lebih mudahnya search aja via maps.


5. Tiket Masuk Pantai
Tiket masuk menuju pantai baik saat weekend maupun saat hari biasa yaitu 5.000 serta biaya parkir motor sebesar 3.000 atau mobil 5.000. Pantai ini belum memiliki pengelolaan yang maksimal maka wajar bila tidak ada petugas yang berjaga setiap harinya.
Nah itu dia informasi yang dapat saya share ke kalian. Selain fisik, kalian juga harus memakai perlengkapan yang nyaman dan safety misalnya sandal gunung mengingat batuan karang terjal dan perjalanan cukup menguras tenaga. Bawa air minum tapi ingat jangan buang sampahnya sembarang. Stay safe!




Komentar

Postingan Populer