Produktif Menulis Hanya 5 Menit, 5 Teknik Jitunya



Pengen nulis tapi nggak ada ide? Sudah nulis tapi tulisan nggak kelar-kelar? Atau banyak ide tapi sulit menuangkan ke dalam bentuk tulisan. Apalagi kalau nggak mood buat nulis, segalanya bakal "ambyar". Ya, saya juga begitu dulu sebelum belajar content writing dan mendalaminya bahkan sekarang pun masih sama, males memang nggak ada obatnya. Alhasil tulisan juga tidak selesai-selesai. Ada teknik yang saya terapkan hingga detik ini. Penasaran bagaimana caranya supaya menulis bisa selancar bermain seluncur di pulau selayar? *eh. 

Produktif Menulis Hanya 5 Menit, 5 Teknik Jitunya


1. Menulislah, Bebas

Menulis bebas pernah digaungkan di buku berjudul "Writing Without Teachers" karya Peter Elbow yang menjelaskan tentang menulis tanpa takut apapun atau menulis tanpa perlu khawatir apapun. Jangan menulis karena tekanan maka akan menghambat ide kreatif penulisan. Namun metode ini tidak serta merta langsung berhasil, perlu praktek - praktek - praktek.
Penulis buku "Free writing" juga telah membuktikan bahwa teknik ini dapat memancing ide keluar. Intinya mengetik terus, buat tulisan apapun, sampai kamu dapat momen yang pas dan kembangkan secara terus menerus. Bila stuck, lakukan peregangan terlebih dulu contohnya olahraga ringan atau sekedar keluar dari kamar dan hirup udara segar di sekeliling Anda.

2. Diary atau Surat Cinta

Pernah menulis buku diary maupun surat cinta? Menulis dari curahan hati ternyata hasilnya jauh lebih cepat. Seseorang menuangkan isi pikirannya entah hatinya yang berkecamuk, suasana hatinya yang sedang sedih atau kecewa, hingga perjalanan hidup yang menginspirasi. Bahkan seseorang juga menulis seperti dirinya bercakap dengan orang lain. Jadi bila Anda kesulitan menulis, cobalah untuk menuangkan isi pikiran layaknya Anda mengirim surat untuk sahabat atau surat cinta untuk pujaan hati. 

3. Menulislah saat Refreshing

Apa pasionmu saat terjun ke dunia kepenulisan? Bila pasionmu adalah menulis dimanapun dan kapanpun maka saat berlibur pun tidak ada masalah bukan? Saya sendiri menulis saat berlibur atau refreshing pun hasilnya bisa lebih cepat dibanding saat mengerjakannya di rumah. 

Saat berada di tempat yang tenang atau sedang mengamati kejadian di luar banyak sekali ide yang muncul maka itulah waktu yang tepat untuk mengeluarkan note hp atau catatan di memo. Pertama carilah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan, selanjutnya mulailah untuk membuat draft atau ide pokok, jangan lupa jepret setiap momen penting untuk mengisi tulisan Anda. Selamat mencoba.

4. Belajarlah Content Writing

Apa tujuan belajar contect writing? Basic menulis adalah tulisan itu sendiri tapi untuk melatih skill menulis, Anda bisa mulai belajar content writing. Agar bisa meningkatkan pengunjung, Anda butuh konten bahkan untuk mengubah mindset pembeli atau memancing interaksi pun yang Anda butuhkan konten.  

Untuk mengetahui lebih detail, tahapan apa saja yang harus anda lakukan ketika mau belajar konten maka bisa cek artikel saya sebelumnya https://sajakwidya.blogspot.com/2019/10/berkawan-dengan-blog-di-wordholic.html

5. Ulaslah Bacaan 

Buku bacaan apa yang saat ini sedang Anda baca? Cobalah menuangkan isi pikiran dari apa yang Anda baca saat ini. Dari kutipan maupun ide pokok per bab yang Anda baca bisa jadi topik yang menarik untuk dibahas lebih lanjut atau Anda bisa mengulas buku tersebut menggunakan bahasa yang lebih "nyentrik". 

Itulah 5 teknik jitu agar lebih produktif dalam menulis. Praktekkan segera dan dapatkan tulisan hanya 5 menit. 










Komentar

Postingan Populer