4 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

 

Tanaman lidah buaya atau dalam bahasa latin disebut Aloe vera merupakan tanaman terlaris yang dipakai sebagai bahan baku produk kosmetik. Selain itu juga lidah buaya terkenal sebagai tanaman obat hingga digunakan sebagai bahan industri. Lidah buaya adalah obat tradisional yang ternyata memiliki manfaat luar biasa. Yuk simak apa saja manfaat hebatnya.

1.    Sembuhkan Luka


Dengan gel lidah buaya luka akan sembuh segera. Dikarenakan mengandung senyawa glukomanan yang dapat mendorong pertumbuhan regenerasi dari produksi kolagen dan sel yang berfungsi sebagai penyembuhan luka. Selain itu juga bisa meningkatkan keratinosit kulit sehingga luka cepat menutup, bahkan jika digunakan secara teratur  peradangan dan rasa sakit akan berkurang.

2.      Atasi Jerawat dengan Masker Lidah Buaya


Punya keluhan kulit berminyak dan berjerawat? Lidah buaya juga mengandung polisakarida dan giberalin yang bertugas sebagai antibakteri serta zat yang dapat mengunci kelembapan kulit anda. Dengan adanya senyawa tersebut dapat mengurangi minyak berlebih serta mengangkat sel kulit mati hingga menyumbat pori-pori kulit. Penggunaan gel dari lidah buaya dapat membantu mengobati jerawat ringan. Caranya yaitu dengan mengeluarkan gel pada lidah buaya lalu mengoleskannya pada kulit yang berjerawat. Ulangilah kegiatan ini dua kali sehari dalam seminggu.

3.      Cegah Rambut Rontok


Problem yang cukup serius bila menyangkut tentang rambut rontok. Masalah ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor genetika, terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk rambut, bahkan kekurangan vitamin. Lidah buaya bersifat antibakteri yang ampuh atasi rambut rontok caranya yaitu basahi dulu kepala anda dan oleskan lidah buaya pada kulit kepala, tunggu hingga kering. Lakukan cara ini sebelum keramas. Untuk hasil yang optimal lakukan selama 2-3 hari dalam seminggu dan biarkan  15 hingga 20 menit hingga kering.

4.      Atasi Kulit Kusam


Punya masalah dengan kulit kusam dan kering? Lidah buaya selain berkhasiat sebagai obat juga memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin. Mengandung senyawa aloin yang berfungsi mengembalikan efek hiperpigmentasi wajah. Senyawa inilah yang bisa membantu mencerahkan kulit. Caranya  campurkan 1sdm gel lidah buaya dengan 1 sdt gula pasir lalu olehkan ke wajah selama kurang lebih 20 menit. Bila ingin hasil yang maksimal, lakukan rutin 2 kali dalam seminggu. Semua masalah kulit bisa diatasi, cukup dengan mengoleskan lidah buaya secara rutin kulit akan cerah bersinar dan tidak kusam lagi.

Itulah 4 rahasia akan manfaat lidah buaya terutama untuk kulit. Cara mencerahkan kulit bahkan mengatasi rambut rontok tidak membutuhkan biaya yang mahal bukan?

Komentar

Postingan Populer