Terapi Sehat Hilangkan Strees, Ini 4 Cara Ampuhya



Sebagai manusia normal pasti pernah dirundung stress, saat makan tak terasa kenyang, tidurpun tak terasa tenang. Banyak faktor yang menjadi sebab datangnya stress, bisa dikarenakan tugas kuliah menumpuk, diputus pacar, banyak masalah datang silih berganti, deadline pekerjaan padat, hingga datangnya tanggal tua, hehe. Stress adalah musuh pikiran paling ampuh, banyak hutang stress, banyak tugas langsung stress, pikiran penat mendatangkan stress, dan lain-lain. Tentu semua itu akan mengganggu pekerjaan bahkan mengakibatkan kita tidak produktif. Lantas bagaimana cara mengusir strees yang paling ampuh dan efektif?

 

1. Lakukan Olahraga Ringan

Coba deh rilekskan pikiran anda sejenak, buang segala penat dengan melakukan olahraga ringan misalnya jalan kaki, lari, bersepeda, yoga, berenang, menari dan sebagainya. Fungsi dari olahraga ringan adalah meregangkan otot hingga menenangkan sistem saraf. Setiap gerakan yang kita lakukan memiliki sederet manfaat baik untuk mental, fisik, bahkan secara emosional. Tidak perlu lama melakukannya, asal produktif setiap harinya. Selamat mencoba.

2. Coba Ubah Pola Makan


Jangan salah, ternyata pola makan juga dapat mempengaruhi tingkat stress atau suasana hati. Dikarenakan zat gizi yang terkandung di makanan berperan penting mengeluarkan racun, mengatur tekanan darah, hingga menunjang fungsi otak. Perlu diketahui bahwa dengan asupan gizi tersebut dapat menurunkan hormon stress yaitu adrenalin dan hormon kortisol.

Sedangkan menu sehat sebagai penunjangnya adalah makanan yang mengandung serat seperti kacang polong, kedelai, serta sayur-sayuran. Kemudian asupan vitamin, seperti vitamin C, vitamin B3, vitamin B16. Peran vitamin selain menghasilkan nutrisi alami juga mampu mengusir stress dengan menstabilkan tekanan gula darah. Keperluan vitamin C mampu menghasilkan antioksidan dan mampu menormalkan tekanan darah. Kurangi juga makanan berlemak dan perbanyak kebutuhan cairan tubuh setiap hari seperti dengan minum air putih atau minimal tidak membuat tubuh Anda sampai dehidrasi. Jadi bila berolahraga belum bisa mengobati stress, maka ubah pola makanmu mulai dari sekarang.

3. Refreshing dengan Travelling


Tujuan travelling selain untuk mencari kesenangan juga untuk relaksasi. Anda akan bertemu dengan orang-orang baru, anda juga bisa merasakan udara segar dan tentu jauh dari bisingnya kota. Travelling juga bisa membuat anda mempunyai waktu untuk refleksi diri, bahkan bukan sekedar menikmati kuliner dan menghasilkan foto, memandang warna hijau diluar sana pun bisa membuat hati lebih tenang.

4. Lakukan Meditasi


Dengan melakukan meditasi berupa penenangan diri, badan dan pikiran akan refresh kembali. Atur agenda semenarik mungkin dengan mengusahakan agar tidak ada tekanan yaitu lakukan segala sesuatunya dengan senang hati. Obat manjur lainnya adalah dengan bersyukur atas segala yang terjadi, jangan sampai pikiran negatif menguasai keadaan. Selamat mencoba terapi sehat untuk menghilangkan stress diatas.

 

 

Komentar

Postingan Populer